Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Tidak Bisa Ditawar Lagi : Protein!

Protein digunakan untuk meningkatkan proses pembakaran lemak dan untuk menjaga kesadaran. Tapi pada dasarnya protein adalah obat hidup : tubuh manusia membutuhkan protein setiap detiknya untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, yang harus digantikan melalui makanan kita sehari-hari. Tanpa protein tidak akan ada hormon, tidak ada metabolisme dan tidak ada pembentukan lemak.

Molekul-molekul dari protein ini adalah asam amino yang melakukan tugasnya masing-masing dalam proses metabolisme. Depot terbesar akan asam amino adalah di otot : kira-kira seperlima dari keseluruhan otot tengkorak tubuh terdiri atas protein, misalnya pada crash-diet maka tubuh akan mengambilnya dari otot. Sel saraf juga terbentuk dari protein. Saluran informasi antartubuh otak dan jiwa fungsinya juga berdasarkan basis zat penghantar yang dibentuk tubuh dari protein. Tanpa protein tidak akan ada pikiran dan perasaan.

Jumlah dan kualitas asam amino yang diserap tubuh sangat menentukan. Dari sekitar 22 jenis asam amino, hanya delapan saja yang esensial, artinya kita harus mengambilnya dengan makanan. Selain itu, juga termasuk leusin, isoleusin, lysin,methionin, phenylalanin, threonin, tryptophan dan valin. Protein tidak hanya terdapat dalam daging, melainkan juga dalam berbagai produk tanaman. Secara keseluruhan kita mengambil banyak protein dari makanan. Pemanasan dalam mempersiapkan makanan bisa merusak protein. Pencernaan protein bisa menghindari kurangnya asam lambung, masalah usus, dan kelenjar pankreas. Secara umum dianjurkan untuk menggabungkan beberapa sumber protein yang berbeda. Setiap hari anda membutuhkan 0,8 gram protein per kilogram berat tubuh. Dalam keadaan stres dan olahraga, kebutuhan akan protein semakin meningkat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani : porsinya sebaiknya tidak melebihi antara 60 sampai 80 gram. Tambahkan sedikit air jeruk sitrun di atas daging atau ikan karena asam akan membantu pencernaan protein.

Artikel Kesehatan Pilihan