Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Senjata Ampuh Melawan Osteoporosis

Kalsium dan vitamin D sendiri bukanlah obat akaib dan bukan kompensasi untuk pola makan sepihak, terlalu bayak konsumsi alkohol dan nikotin atau kurang bergerak. Semua faktor lifestyle ini memiliki pengaruh langsung ke massa tulang. Yang berbahaya adalah diet-diet yang sekejap : kurangnya protein dan vitamin akan mempercepat penghancuran tulang. Kur diet yang menyebabkan kelapran untuk alat gerak sama merusaknya seperti overweight. Berdasarkan hasil studi terbaru, reduksi berat badan bisa menahan penyusutan tulang pada usia tua. sel lemak memproduksi hormon tertentu dengan nama leptin. Para pakar di Amerika Serikat sekarang ini telah menemukan bahwa tikus percobaan dengan kadar leptin rendah memiliki tingkat kerapatan tulang yang tinggi.

Salah satu senjata ampuh untuk melawan osteoporosis adalah bergerak. Aktifitas tubuh akan membangun massa tulang dan memperkuat tulang. Selain itu, organ gerak tidak pilih-pilih : semua jenis program fitnes, apakah itu lari, berjalan, renang atau mengangkat beban akan mengaktifkan pembentukan tulang. Studi menunjukkan bahwa aktivitas olahraga pada saat kanak-kanak dan remaja akan meningkat kerapatan tulang. Tentu saja, disini berlaku : Hanya dengan aktivitas tubuh teratur yang akan menunjukkan dampak pada kerapatan tulang. Tentu saja, olahraga daya tahan, dalam hal tertentu, bisa mempercepat osteoporosis.

Seperti yang ditunjukkan dalam penelitian, konsumsi phytoestrogen memberikan dampak positif terhadap organ-organ gerak. Isoflavon yang terdapa dalam produk kedelai ini memiliki dampak yang serupa dengan hormon seksual estrogen, tapi tidak meningkatkan risiko kanker seperti pada pil estrogen sintetik.

Jika anda mengkonsumsi multivitamin, anda akan mendapatkan cukup vitamin D (vitamin pelarut lemak ini tidak boleh melebihi dosis). Jika anda melakukan diet, pola makan sepihak dan stres, jangan sekali-kali anda mengkonsumsi zat kalsium atau zat asam-basa yang dikombinasikan dengan mineral.

Artikel Kesehatan Pilihan