Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Jangan Sampai Tubuh Anda Kekurangan Cairan!

Jika metabolisme harus berfungsi dengan optimal, maka ia membutuhkan banyak cairan. Sekitar 60 % dari berat tubuh kita erdiri atas air yang harus selalu diganti. Kekurangan air akan membuat tubuh kering dan bisa memicu berbagai komplikasi. Kulit juga akan mengalami defisit cairan. Ari adalah sesuatu yang sangat penting bagi organisme. Karena sifat khusus kimia dan phisikalisnya, molekul air bisa melakukan proses kehidupan dan menjaganya. Sebagai zat pelarut universal, air memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem transportasi dan sistem pelepasan tubuh. Disisi lain air membantu organisme dalam melawan perubahan temperatur karena kapasitas panasnya yang spesifik serta sifat pencernaan dingin. Barulah dengan bantuan air, sel-sel bisa menetap dan menilai zat-zat makanan dan meisahkan prosuk buangan melalui ginjal dan menjaga kuman-kuman diselaput lendir

Rata-rata tubuh kita membutuhkan sekitar 2,6 liter cairan setiap hari. Di dalamnya terdiri atas air yang berasal dari berbagai minuman, hidangan, dan cairan yang terbentuk akibat proses pembakaran zat makanan. Pada dasarnya, dianjurkan untuk mengkonsumsi antara 1,5 sampai 2 liter cairan dalam bentuk minuman yang rendah kalori atau bebas kalori. Siapa yang ingin mengurangi berat tubuhnya, lakukanlah olahraga tiap hari atau berada dalam ruangan dengan pendingin AC. Yang juga baik, yaitu dengan mengkonsumsi teh dari tanaman berkhasiat dan teh buah tanpa zat pemanis, sari buah atau jus sayuran yang telah diencerkan, air putih atau air mineral. Minuman manis seperti sirup dan cola memang menghasilkan banyak energi, tapi juga meningkatkan kadar gula, salah satunya yaitu karies.

Alkohol juga bukan penghilang rasa haus. Minuman anggur bahkan mengandung zat tumbuhan dengan dampak antioksidan yang berpengaruh pada pembakaran. Seberapa banyak alkohol yang bisa diterima tubuh masih belum jelas. Pria bisa mengkonsumsi sampai 20 gram alkohol (sekitar 0,2 liter minuman anggur) dan wanita hanya setengahnya. Dalam hal ini sebaiknya alkohol jangan dijadikan sebagai penghilang rasa haus.

Artikel Kesehatan Pilihan