Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Lindungi Sel Anda dengan Makan Sayuran dan Buah-buahan

Zat sekunder dari tumbuhan yang diproduksi oleh tanaman terutama diproduksi sebagai penangkal zat perusak adalah kelompok pelindung alami. Substansi bioaktif yang terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan serta tanaman gandum dapat menghindari kerusakan DNA dalam organisme manusia atau bahkan memperbaikinya. Jumlah dari zat-zat yang berasal dari tumbuhan diperkirakan sekitar 100.000 macam dan hanya sebagian kecil saja yang telah diteliti. Karena dampak antioksidannya, semakin banyak zat tumbuhan sekunder ditawarkan dalam bentuk konsentrat sebagai bahan makanan tambahan.

Zat pelindung alami terpenting sebaiknya dimasukkan juga ke dalam pola makan anda sehari-hari : carotinoida melindungi inti sel dari serangan oksigen radikal dan membantu enzim reparasi. Zat ini banyak terdapat di dalam buah jeruk merah (orange) dan sayuran seperti tomat, melon, wortel dan tumbuhan marila. Polipenol yang beragam juga bisa menetralkan radikal bebas dan terutama juga terdapat dalam buah-buahan, sayuran dan sereal. Sumber yang terbaik yaitu : anggur biru dan teh hijau. Terpen juga memiliki dampak menangkal kanker dan terdapat di dalam jeruk, lemon, jinten dan peffermint. Minyak jinten yang berkualitas tinggi juga bisa anda konsumsi secara teratur.

Penangkal kanker hijau yaitu brokoli. Jika menurut anda sayuran ini memiliki rasa yang taawar, cobalah dengan sup brokoli dengan menambah merica dan bumbu. Atau anda bisa menanam benih brokoli ini dan kemudian menambahkan daunnya ke dalam salat atau sup. Selain itu, tanaman kunyit juga merupakan tumbuhan pelindung sel. Di Amerika Serikat, ganggang termasuk di dalam daftar makanan yang bisa menangkal pertumbuhan kanker berkat dampak antioksidannya. Spirulina, yaitu olahan dari ganggang mikro mengandung semua asam-asam amino penting dan juga substansi bioaktif phycocyanin. Di dalam laboratorium, zat ini mencegah pertumbuhan sel kanker.

Tips : Buatkah sebuah daftar menu sehat pribadi anda yang mengandung substansi pelindung sel bioaktif : Kedelai dan kacang-kacangan bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker usus. Bawang, anggur, apel, anggur merah dan juga teh mengandung flavonoida sebagai pelindung alami sel. Tanaman kol, sawi dan lobak bisa menurunkan risiko kanker pada penggunaan konsumsi yang teratur.

Artikel Kesehatan Pilihan