Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Kelebihan Berat Badan Sepertinya Menjadi Masalah yang Serius Bagi Anda

Overweight (kelebihan bobot badan) adalah salah satu faktor risiko pengganggu kesehatan terbesar yang terjadi saat ini. Di Negara maju, setiap dua orang memiliki berat badan berlebih. Mereka ini berisiko menderita penyakit pengerasan pembuluh darah jantung, serangan jantung, penyakit persendian, diabetes, dan bahkan kanker. Selain itu, juga mengakibatkan penurunan libido dan impotensi.

Tapi, overweight yang dimaksud adalah perbedaan lapisan lemak dan lapisan yang hanya menimbulkan masalah kosmetis. Body-Mass-Index adalah sebuah perhitungan satuan untuk menentukan derajat dari berat normal dan berat berlebih. Akibat overweight terbentuk perut berbentuk apel yag lapisan utamanya berada di sekitar perut dan perut berbentuk pir yang jaringan lemaknya berada di sekitar pinggul, pantat, serta paha atas. Pria biasanya cenderung memiliki perut berbenuk apel (perut bir) dan wanita cenderung ke bentuk buah pir. Tetapi, perut pria untuk kesehatan sangat riskan. Lingkar perut maksimal untuk wanita adalah 90 cm dan pria 100 cm. Overweight yang sampai membentuk perut apel paling sering disertai gula darah tinggi dan lemak darah. Sel lemak di dalam perut selalu mengirim isi kandungan ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar kolesterolnya akan naik dan risiko pengapuran pada pembuluh darah akan semakin meningkat.

Anda dapat mengatasi masalah pada t ubuh anda melalui penurunan berat tubuh, tapi tidak menjadi tipe lain : dari perut pir bisa menjadi bentuk apel atau sebaliknya. Para ahli makanan saat ini sering mengutarakan kalau jangan selalu berpatokan pada berat badan yang ideal, melainkan berat tubuh yang sehat secara individual. Kekurangan berat badan dan menahan lapar terus-menerus akan meningkatkan risiko penyakit. Sebaiknya, carilah berat tubuh yang ideal, dengan kata lain berat tubuh yang membuat anda merasa nyaman dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Artikel Kesehatan Pilihan