Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Aktifitas Tubuh Anda Bisa Membuat Tubuh Anda Kebal

Sel penangkal dapat melakukan tugasnya dengan maksimal bila disuplai dengan oksigen yang cukup. Olahraga adalah salah satu metode yang sangat efektif untuk mengaktifkan sistem kekebalan. Latihan gerak tubuh akan membantu kinerja sel darah putih dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat yang dilakukan terhadap 547 pasien, membuktikan bahwa aktivitas tubuh yang teratur benar-benar bisa memperkuat sistem kekebalan. Siapa yang melakukan cukup gerakan, berdasarkanhasil studi, risiko akan penyakit flu dan infeksi demam akan menurun sampai 23 %. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, cukup dengan melakukan latihan fitnes. Dan jika tetap ada virus yang masuk, gejala-gejalanya baru akan muncul paling cepat dalam kurun waktu lima hari.

Seperti yang telah ditemukan oleh para ahli, kadar immunglobulin A di dalam darah akan meningkat setelah melakukan aktivitas tubuh. Immunglobulin A yaitu antibodi yang turut serta menangkal rangsangan infeksi. Tentu saja, stimulasi produksi immunglobulin A akan berhenti setelah beberapa saat. Ini berarti bahwa dengan gerakan teratur yang bisa menggerakkan tenaga penangkalnya.

Latihan yang berlebihan sebaliknya justr akan memberikan dampak yang berlawanan : seperti dalam sebuah pemeriksaan terhadap pelari maraton, yang menunjukkan bahwa sistim kekebalan tubuhnya menurun tajam baik pada saat sedang beraktifitas maupun sesaat setelahnya. Pengamatan yang sama juga dilakukan pada orang-orang yang tidak terlatih, yang langsung menjadi sakit setelah memulai latihan. Sistem kekebalan akan bekerja lebih berat akibat perubahan metabolisme serta tidak bisa melakukan fungsinya dengan baik. Mulailah lakukan olahraga sejak sekarang, tetapi dosisnya pun harus tepat.

Artikel Kesehatan Pilihan