Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Anda Perlu Waktu Luang

Apa yang paling banyak didambakan oleh orang-orang dalam keadaan stres adalah waktu. Untuk bisa menikmati faktor ini, anda harus bisa mengorganisasikan tubuh anda atau bahkan menyusun ulang.

Mulailah dengan manajemen-waktu anda dengan analisis yang benar terhadap hari-hari anda, mulai dari bangun tidur pada pagi hari sampai tidur di malam hari. Perhatikan kehidupan anda tersebut dengan seksama dan selidiki semua yang banyak menghabiskan waktu. Apa sebenarnya yang membuat anda stres? Kenapa waktunya tidak cukup? Apakah ini terletak pada diri anda sendiri atau karena gangguan yang permanen dan terhenti oleh pekerjaan anda? Kapan waktu anda melewati hari-hari anda? Apakah anda mengambil begitu banyak tugas karena anda tidak bisa mengatakan tidak? Apakah anda banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang yang tidak anda sukai? Apakah anda seorang perfeksionis atau terbiasa dengan kekacauan?

Berdasarkan rekaman kondisi objektif ini, sebaiknya anda mengajukan pertanyaan yang paling sulit. Sebaiknya anda memanfaatkan beberapa waktu luang di akhir minggu. Tanyakan pada diri sendiri : Apa yang saya dapat selama berada di bawah tekanan terus. Kenapa saya tidak mau mengambil waktu luang atau dengan siapa saya tidak harus berurusan lagi dalam hidup saya. Anda akan mendapatkan jawabannya.

Buatlah sebuah catatan yang berisi usulan-usulan perubahan pada diri anda. Tulis dengan jelas, apa yang ingin anda ubah untuk bisa keluar dari waktu yang serakah ini. Dan apa saja yang harus anda hilangkan untuk bisa mencapainya? Apakah anda masih mau lagi diberikan tugas? Atau lebih sering akan mengatakan tidak? Atau haruskan anda menyusun tiap-tiap rencana kerja anda secara berbeda?

Masukkan salah satu atau poin lainnya ke dalam praktek dan cobalah, apa-apa saja yang bisa berfungsi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Jangan terlalu memaksakan diri. Itu hanya akan membuat anda kembali dan tidak membawa perubahan untuk jangka panjang. Anda tidak bisa menyia-nyiakan seluruh hidup anda dari hari ke hari.

Cobalah anda buat sebuah struktur kehidupan anda sehari-hari, ketika anda ingin mengembalikan waktu penting anda yang hilang. Dengan begitu anda akan hidup sehat.

Buatlah sebuah daftar setiap malam yang berisi tugas-tugas untuk esok hari.

Masukkan juga daftar waktu istirahat tetap anda. Pada awal minggu, pikirkan kapan anda bisa mengambil waktu luang panjang. Tidak ada daftar yang bisa mengubah hidup anda jika anda tidak disiplin. Perhatikan program antistres anda sebagai jaminan kesehatan pribadi anda.