Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Berapa kali Anda Menderita Stres ? Temukan Jawabannya !

Kemampuan bereaksi terhadap stres merupakan sebuah sebi kelangsungan hidup. Tubuh bereaksi akibat pembagian hormon-hormon tertentu supaya bisa berkembang dalam menghadapi situasi berat. stres mempengaruhi proses kimia tubuh dan menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gula darah. Kondisi "alarm" ini melepaskan energi yang luar biasa banyaknya dan membuatnya aktif. Jika tekanannya telah lewat, hormon stres akan kembali ke ambang normal.

Stres akut akan membuat tubuh dan psikis menjadi tidak stabil. Jika hormon stres tidak bisa lagi dihilangkan, maka akan terjadi salah satunya yaitu penimbunan garam dapur dan asam susu di dalam organisme. Metabolisme gula dan kebutuhan mineral akan menjadi kacau. Akibat yang bisa ditimbulkan yaitu mulai dari penyakit psykosomatik sampai masalah kejiwaan. Takaran akan tekanan dalam lingkungan kerja serta kehidupan pribadi berbeda-beda secara individu, juga kemampuan dalam mengatasi faktor stres. Sejumlah stres disebabkan oleh diri sendiri, misalnya karena kesombongan yang berlebih atau keinginan untuk mengontrol segalanya.

Untuk dapat keluar dari stres tidaklah mudah tapi bisa dilakukan. Jika kehidupan di depan mata anda adalah sebuah batu gunung tinggi yang tidak bisa didaki, pertama-tama mulailah dengan memperhatikan kondisinya. Ambil waktu paling sedikit sekitar satu minggu.

Analisislah kehidupan sehari-hari anda dan tingkat pola anda dengan benar, dengan sejujur mungkin. Daripada mengatakan "Saya sedang stres", lebih baik mengidentifikasi faktor stres anda. Jangan melemparkan kesalahan, melainkan tetap tegas dan analitis. Buatlah sebuah catatan tentang beban stres yang sedang anda hadapi : Dimana letak stres dalam hidup anda? Dan kenapa? Dimana peran anda? Beban mana yang dapat anda terima dan apa saja yang ingin anda ubah? Jika anda tidak menemukan jawaban yang pasti saat ini, setiap perjalanan dimulai dengan langkah pertama.

Bagaimana anda mengatasi stres dalah hidup anda akan berpengaruh pada kesehatan anda sendiri, usia anda yang sebenarnya dan hubungan pribadi anda. Buatlah sebuah catatatn selama seminggu dan catat masing-masing situasi berat yang anda alami dalam hidup. Apakah anda telah mengenal faktor stesnya? Apakah itu ada dalam organisasi hidup anda sehari-hari atau karena kesombongan dan khayalan akan kekuasaan? Anda jangan hanyut dalam analisis ini, melainkan jalankan tanggung jawab secara jujur untuk hidup anda, sebagaimana mestinya.