Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Lemak Pencegah Pengerasan Pembuluh Jantung

Tanpa lemak tidak ada yang bisa dilakukan, jantung kita juga membutuhkan lemak, tapi lemak yang tepat. Lemak yang kita peroleh lewat makanan, terdiri dari bermacam-macam jenis asam lemak : dari lemak jenuh, tidak jenuh dan yang mengalami beberapa kali proses penjenuhan asam lemak. Pembentukan lemak ini menentukan apakah satu lemak makanan tertentu akan baik untuk pembuluh darah kita atau akan merusaknya.

Asam lemak jenuh mempermudah penimbunan lemak di dinding pembuluh darah. Lemak ini biasanya terdapat dalam produk hewani (daging, sosis, mentega), gemuk (gajih), susu dan cream) dan dibeberapa produk nabati (santan atau minyak goreng). Untuk menjaga pembuluh darah, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak.

Makanan yang aman untuk jantung adalah makanan yang mengandung asam lemak tidak jenuh. Tapi, disini juga terdapat perbedaan : beberapa minyak nabati seperti minyak bunga matahari, minyak jagung atau minyak tanaman widuri mengandung asam lemak Omega-6, yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Minyak nabati terbaik untuk pembuluh darah adalah minyak olive atau minyak zaitun yang mengandung asam lemak tidak jenuh.

Orang-orang eskimo mengkonsumsi hampir sebagian besar ikan dan anjing laut. Tetapi, meskipun hewan tersebut mengandung banyak lemak, jarang sekali penduduk Greenland-Eskimo meninggal karena pengerasan pembuluh jantung. Juga masyarakat di Jepang dan penduduk disekitar laut tengah yang banyak mengkonsumsi ikan, juga memiliki sedikit risiko pengerasan pembuluh jantung dibandingkan orang-orang Eropa Tengah. Pada pakar meneliti fenomena dan menemukan adanya keterkaitan antara konsumsi ikan secara teratur dan kesehatan jantung. Dalam studi yang dilakukan di Belanda telah dibuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan paling sedikit 30 gram setiap hari, risiko penyakit pengerasan pada pembuluh jantung bisa berkurang setengahnya. Alasannya : ikan banyak mengandung asam lemak Omega-3. Asam lemak ini dibentuk di membran sel dan menghalangi pengerasan.

Tahukah anda ?

Asam lemak merupakan rantai dari atom karbon yang dibedakan secara kimia berdasarkan panjang dan derajat kejenuhan. Asam lemak jenuh, dalam pembentukannya di dalam tubuh terjadi peningkatan kadar kolesterol. Terdapat terutama dalam produk hewani. Untuk Asam lemak tidak jenuh mengandung asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan membran sel dan hormon. Yang paling utama adalah minyak olive atau zaitun. Asam lemak Omega-3 adalah asam lemak tidak jenuh yang mengalami proses penyaringan sebanyak tiga kali. Asam lemak ini melawan berbagai macam penyakit. Terdapat di dalam ikan-ikan besar dan di minyak lena dan lobak.