Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Anda Harus Kembali Rileks

Dalam situasi stres akut, ada satu trik sederhana untuk men-shutdown motor yang ada dalam tubuh : lemaskan pundak anda dan bernapaslah secara perlahan. Tarik napas dalam-dalam lalu buang napas. Kendurkan otot-otot wajah dan lemaskan tangan anda. Cara ini akan membuat anda kembali tenang.

Untuk menghindari agar tidak kembali stres, anda harus benar-benar berlatih pernapasan dan rileksasi. Salah satu strategi anti stres yang dapat diandalkan adalah pelemasan otot-otot progresif berdasarkan metode Jacobsen : Kencangkan tiap-tiap otot, mulai dari kaki sampai kening (jidat) dan tahan sampai sekitar 10 menit. Lemaskan kembali dan biarkan otot menjadi kendur. Untuk mempelajari metode ini, anda harus berlatih 10 menit setiap harinya. Metode Jacobson ini bisa dipelajari tanpa bantuan perlatih atau kursus. Latihan ini bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari : sesekali rasakan tubuh anda. Anda akan merasarakan bagian mana saja yang tegang. Buang napas dan biarkan otot-otot yang tegang tadi kembali lemas. Pelemasan tubuh berjalan bersamaan dengan penenangan jiwa.

Berdasarkan sugesti diri dan kata-kata yang menenangkan seperti "Saya sudah tenang" latihan yang dilakukan sendiri ini akan berfungsi dengan baik dan yang paling baik adalah dengan bantuan pelatih atau psikoterapis. Siapa yang telah menguasainya tidak akan melupakannya. Orang yang telah terlatih akan rileks hanya dalam waktu beberapa menit saja. Jangan paksakan diri anda terhadap ternik relaksasi yang tidak anda sukai, melainkan carilah metode lain.

Mungkin ini akan membantu anda : Tarik diri anda, tutup mata dan bayangkan kalau anda berada di suatu tempat yang paling anda sukai. Atau luangkan waktu sekitar 20 menit untuk mendengar musik kesukaan anda. Musik klasik seperti simponi kelima dari Tschaikowsky atau konser piano nomor 1 dari Beethoven sudah terkenal sebagai obat terapi.

Menghilangkan hormon stres

Persiapkan diri anda untuk melawan stres dengan cara membuat laporan tentang strategi antistres anda. Lakukanlah mulai dari sekarang. Kontrol pernapasan anda secara teratur. Jika anda merasa kalau napas anda datar, lakukan sepuluh kali tarikan dan hembusan napas di perut dan pinggul. Seringlah tertawa sebanyak mungkin. Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres akan cepat hilang dalam keadaan tertwa. Kumpulkan cerita-cerita lucu atau film komedi yang bisa membuat anda tertawa.