Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Meditasi, Jalan Tercepat Atasi Stres

Pernapasan yang teratur, seperti halnya juga meditasi, merupakan jalan tercepat untuk menghilangkan stres. Tapi kedua metode tersebut harus terlebih dahulu anda pelajari supaya anda bisa benar-benar menerapkannya pada saat-saat stres. Di bawah tekanan, napas kita juga serasa tertekan dan datar. Selain itu, otak juga tidak mendapat suplai oksigen yang cukup. Di dalam pekerjaan kita selalu mengggunakan otak logika bagian kiri dan mengbaikan setengah bagian sebelah kanan yang bertanggung jawab untuk urusan institusi. Dengan sebuah latihan sederhana dari Ayurveda, di satu sisi anda bisa memperdalam pernapasan, di sisi lainnya menyeimbangkan kedua sisi otak tadi.

Duduklah dengan tenang, tegakkan punggung anda dan bernapaslah dengan tenang. Tutup mata anda. Tutup lubang hidung sebelah kiri dengan ibu jari, sementara yang kanan anda gunakan untuk menarik napas dan menghembuskannya. Lepas kembali ibu jari anda dan tutup lubang hidung sebelah kanan dengan jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri anda. Bernapaslah yang tenag melalui lubang hidung sebelah kiri. Lakukan latihan pernapasan ini selama beberapa menit. Latihan pernapasan ini selama beberapa menit. Latihan pernapasan adalah sebuah dasar yang baik untu meditasi. Banyak sekali bentuk dari meditasi ini. Meditasi bukan berarti hanya duduk berdiam saja. Tujuan meditasi yaitu untuk menghentikan obrolan jiwa dan mengtur kesadaran dengan tenang. Duduklah dengan tenang dan benar, bernapaslah dengan tenang. Tutup mata anda dan konsentrasikan dalam bayangan, kalau di depan anda ada sebuah gambar, misalnya sebuah lilin. Tahan gambar tersebut tanpa memikirkannya. Jika ada pikiran yang mengganggu, biarkan pikiran tersebut lewat. Atau anda berkonsentrasi tidak ke gambarnya, melainkan ke sebuah kata yang tidak ada artinya atau sebuah suara keras. Konsentrasi ke sebuah gambar atau sebuah kata adalah sebagai pembantu untuk menghentikan pikiran. Untuk awalnya, cobalah lakukan latihan sekitar 3 sampai 5 menit, setelah itu tambahkan waktu meditasi. Jika mungkin, lakukan meditasi ini setiap hari.

Latihan pernapasan dan meditasi adalah metode rileksasi terbaik, dengan syarat dilakukan secara teratur dan paling baik setiap hari. Untuk mempelajari meditasi, anda membutuhkan waktu dan ketenangan. Carilah sebuah tempat yang membuat anda tidak merasa terganggu. Jika perlu lakukan latihan ini setiap hari. Waktu terbaik untuk melakukan meditasi adalah pagi hari. Anda tentu bisa melakukan meditasi kapan saja. Untuk pemula, waktu yang tidak cocok untuk latihan meditasi ini adalah malam hari jika anda lelah.