Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Periksalah Risiko Kesehatan Jantung Anda

American Hearth Association belum lama ini telah mengeluarkan pernyataan baru sehubungan dengan pencegahan pengerasan pembuluh jantung. Anjuran-anjuran terpenting adalah : pemeriksaan mendasar mengenai faktor risiko mulai usia 20 tahun.

Hanya dengan memeriksakan darah di laboratorium, anda bisa mengetahui profil resiko : Jika terjadi peningkatan drastis lolesterol atau kadar triglycerin di dalam darah, sudah waktunya untuk diberi peringatan. Disamping keseluruhan kolesterol, sayangnya tidak ada parameter yang jelas, penumpukan lipidstatus juga menunjukkan bahaya kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Untuk menjaga agar darah tetap sehat, kandungan kolesterol HDL sebaiknya diatas 26 % dari keseluruhan kolesterol. Pemeriksaan darah anda nantinya akan menunjukkan perbandingan dari LDL ke HDL. Secara umum nilainya harus kurang dari 4, pada penderita jantung atau diabetes nilainya bahkan di bawah 3. Nilai trigliserida yang terlampau tinggi (diatas 200 mg/dl) akan meningkatkan risiko pengerasan pembuluh jantung (hearth infarct).

Arti dari apolipoprotein, yaitu salah satu transport form dari lemak darah, telah diteliti pada tahun lalu. Nilainya tidak boleh ada dalam darah dan mulai usia 40 tahun sebaiknya dilakukan pemeriksaan setiap tahunnya. Apolipoprotein B yang merusak dan juga merupakan faktor risiko untuk arteriosclerosis dalam keadaan normal nilainya di bawah 100 mg/dl. Untuk apolipoprotein A berlaku : semakin tinggi nilainya, maka semakin baik.

Salah satu faktor berikut untuk pengerasan pembuluh jantung adalah peningkatan homocystein. Protein ini terbentuk didalam tubuh dalam bentuk produk sampingan dan biasanya kembali menurun.

Jika terjadi peningkatan kadar homocystein tentu saja akan terjadi gangguan darah dan merusak pembuluhnya. Nilai homocystein di dalam darah juga bisa diukur : Nilai normal kangdungan homocystein berkisar antara 5-15 mikromol/l. Kemungkinan besar tidak ada sinyal alarm untuk peningkatan nilai lemak darah atau untuk kadar homocystein yang tidak normal. Hanya dengan pemeriksaan di laboratorium di laboratorium faktor risikonya bisa diketahui.

Tahukan anda ? Dengan bantuan sebuah alat tes (tersedia ditoko sanitasi) anda bisa memeriksa sendiri nilai kolesterol dan trigliserin yang ada pada darah anda.

Kolesterol HDL : kolesterol baik ini membebaskan pembuluh darah dari timbunan lemak. Nilai yang dianjurkan yaitu diatas 45 mg/dl

Kolesterol LDL : kolesterol ini adalah perusak yang mengoksidasi darah dan kemudian melekatkan pada pembuluh darah. Nilai yang dianjurkan adalah di bawah 130 mg/dl

Trigliserida : Berfungsi sebagai bahan bakar. Jika nilainya terlalu tinggi akan menyebabkan risiko pengerasan pembuluh jantung. Nilai normal, yaitu di bawah 150 mg/dl