Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Makanan Serat Sebagai pengendali dan Penghambat Anda Kolesterol Secara Alami

Kolesterol dibutuhkan dalam pembentukan hormon, vitamin D dan asam empedu. Kolesterol ini terbentuk dan diserap di dalam tubuh melalui makanan. sampai beberapa derajat tertentuk tubuh mengontrol pembentukan kolesterol untuk menjaga keseimbangan protein lemak. Makanan yang mengandung banyak lemak dan terlalu banyak kalori bisa membebani sistem regulasi tubuh. Akibat yang ditimbulkan : penimbunan kolesterol berlebih di dalam darah dan menyebabkan terbentuknya gumpalan.

Melalui konsumsi makanan yang mengandung serat, anda justru bisa mengendalikannya : para peneliti menemukan pada awal tahun 70-an, tanaman ragi dan gandum bisa menghentikan pembentukan kolesterol di dalam hati. Sekarang ini para pakar sedang membuktikan bahwa biji-biji yang bebas dari dietary fibre dan zat yang ada pada sayuran memiliki dampak obat-obatan yang sama. Hal ini bisa menjadi alasan mengapa vegetarian jarang sekali menderita penyakit jantung dan pembuluh darah. Studi internasional membuktikan bahwa konsumsi dietary fibre yang berasal dari buah-buahan,sayur-sayuran dan gandum akan mengurangi risiko penyakit peredaran darah jantung.

Jika anda mengkonsumsi lima gram havermout setiap hari, kadar kolesterol anda di dalam darah akan menurun sampai 5 %. Triknya yaitu : serat-serat yang ada dalam havermout akan diikat di dalam asam empedu yang baru untuk pencernaan lemak, tubuh membutuhkan kolesterol. Dengan begitu, kadar kolesterol akan menurun secara normal. Selain itu pada tumbuhan kacang-kacangan terdapat zat saponine yang bisa melemahkan kolesterol di dalam lambung.

Serat yang berasal dari sereal dan roti dari biji-bijian gandum seringkali tajam dan keras sehingga bisa melukai selaput usus. Jika anda ingin menghindari gangguan pada pencernaan, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang berasal dari gandum dan sayuran sebagai sumber dietary fibre.

Biji tanaman linen, kenari dan alpukat tergolong pada kelompok makanan yang mengandung penghambat kolesterol alami.

Makanan yang anda makan akan mempengaruhi lemak darah anda. Jika terlalu banyak gula, kadar kolestrol akan meningkat, dietary fibre yang berasal dari tanaman bisa menurunkannya. Trik : Dietary fibre yang terurai di havermout, tanaman jelai dan apel pectin merupakan penurun kolesterol. Dietary fibre yang tidak bisa terurai seperti tepung gandum kurang berpengaruh. Dietary fibre akan lebih mudah diproses jika sambil diminum sehingga bisa diserap dengan mudah di usus. Hanya buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air.