Investasi Rupiah Tanpa Bayar, Hanya Butuh Keanggotaan. Gratis

Cegah Tekanan Darah Tinggi Anda

Penyakit tekanan darah tinggi akut termasuk ke dalam golongan faktor risiko yang tidak bisa diprediksi. Petunjuk lain yang mengarahkan bahwa tekanan darah yang semestinya yaitu "100 plus usia" sudah tidak berlaku lagi. Sekarang ini telah dibuktikan bahwa tekanan darah optimal tidak tergantung pada usia, yaitu sekitar 120 sampai 130/85 mmHg. Jika nilainya di atas 140/90 mmHg (hanya berlaku bagi usia di atas 50 tahun) maka dianjurkan untuk menjalani perawatan medis melalui pemberian obat-obatan penurunan tekanan darah karena studi internasional menganjurkan penggunaan terapi tekanan darah. Jangan sepelekan hal tersebut. Apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengatasi faktor risiko tekanan darah ini ? Memeriksa tekanan darah, melatih daya tahan tubuh, banyak melakukan relaksasi dan perubahan pola makan.

Untuk melakukan pengukuran tekanan darah, anda bisa melakukan sendiri di rumah dengan bantuan sebuah alat yang sederhana dan mudah digunakan serta dipasang di pangkal lengan. Pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan dalam posisi duduk dan dalam keadaan tenang. Tulislah hasilnya dan periksa sekali lagi tekanannya paling sedikit dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari.

Aktifitas olahraga adalah strategi terbaik untuk menormalkan kembali tekanan darah. Relaksasi dan meditasi orientalis tidak hanya bisa menenangkan psikis, melainkan juga pembuluh darah. Sebuah studi internasional menunjukkan bahwa melalui meditasi yang dilakukan setiap hari dapat menunjukkan bahwa tekanan darah systole sekitar 12 mmHg dan diastolic sekitar antara 7 sampai 8 mmHg.

Pola makan juga mempengaruhi tekanan darah. Periksalah apakah anda tergolong ke dalam kelompok orang yang kadar natriumnya (terdapat dalam garam dapur) tinggi. Dalam hal ini, anda harus segera menghindarkan makanan atau masakan yang diberi banyak garam dan sebaiknya hanya munum air putih saja. Zat untuk menurunkan tekanan darah adalah kalium yang banyak terdapat dalam kentang, wortel, marilla, pisang dan apel. Substansi penurun tekanan darah juga terdapat dalam jamur Shittake dan sawi kecil serta dalam produk ganggang.